banner pa tenggarong

on . Hits: 98

pic patgr 26042019 1

HALAL BIHALAL

(Dan orang-orang yang menghubungkan apa yang diperintahkan Allah agar dihubungkan (silaturrahim) dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk. Ar Ra’ad 21).

Hari ini selasa tanggal 4 juni 2019 Miladiyah bertepatan dengan tanggal 30 Ramadhan 1440 Hijriah, merupakan hari terakhir kita berada di bulan ramadhan 1440 H. Esok  tanggal 1 Syawal 1440 Idul Fitri bagi kaum muslimin. Idul fitri  merupakan hari kemenangan bagi kaum muslimin setelah berhasil mengendalikan hawa nafsu selama sebulan penuh. Karena itu Idul firti disambut dengan gegap gempita dengan suara takbir, tahmid dan tahlil, sebagai ucapan rasa syukur karena telah berhasil melaksanakan puasa ramadhan.

Idul Fithri biasa juga disebut hari  raya puasa  karena kaum muslimin berlebaran  setelah mejalankan puasa. Selama bulan puasa di samping mengerjakan ibadah puasa kaum muslimin mengisi bulan yang penuh berkah dengan beragai kegiatan keagamaan, mulai shalat berjamaah, tadarus al-Qur’an, zikir dan do’a serta aktivitas lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt.

Dalam merayakan Idul Fithri, di Indonesia ada yang berbeda dengan Negara-negara Islam lainnya terutama pasca lebaran. sebuah tradisi yang sudah menjadi kegiatan rutin dilakukan yaitu halal bihalal. Istilah halal bihalal ini hanya ada di Indonesia, yang isinya tidak lain adalah silaturrahim. Karena itu para perantau  di hari lebaran ini pulang kampung yang tujuannya tidak lain adalah silaturrahim dan saling mengunjungi.

Silaturrahim berasal dari kata “silah” dan “rahim” . Silah artinya tali yang menghubungkan sesuatu dengan sesuatu yang lain, sehingga mereka berada dalam satu jaringan kerja, sehingga dapat  mempunyai nilai manfaat dalam fungsinya.  Seperti kabel berfungsi sebagai silah yang menghubungkan mice dan amplifier dan dari amplifier  ada silah lagi yang menghubungkan dengan loudspeaker, mereka dalam satu sistem jaringan kerja tertentu, jaringan kerja sound system ada masing-masing punya fungsi sendiri-sendiri. Mereka berada dalam satu system yang bila salah satunya tidak berfungsi akan terganggu keseluruhannya. Apabila silah kabel ini diputus pasti sound system ini tidak akan berfungsi. Sedangkan istilah Rahim diartikan  kasih sayang. Jadi silaturrahim dapat dimaknai sebagai hubungan kemanusiaan yang berbentuk kasih sayang berdasarkan iman..    

Menurut Muhammad Quraish Shihab, kata halal diambil dari kata halla atau halala yang memiliki makna antara lain menyelesaikan masalah  atau kesulitan atau meluruskan benang kusut atau mencairkan hubungan selama ini terkesan membeku menjadi yang harmonis atau melepaskan ikatan yang membelenggu. Oleh karena itu halal bihalal dimaknai sebagai bentuk menyambung kembali yang telah putus, melepaskan ikatan yang membelenggu. Karena itu Rasulullah menjelaskan bahwa tidaklah dikatakan silaturrahim kalau hanya saling mengunjungi, tetapi yang dinamakan silaturrahim adalah menyambung yang telah terputus.

Dengan halal bihalal diharapkan umat islam melebur kesalahannya dengan berbagi maaf tanpa sekat yang membatasi, memaafkan satu sama lain, karena setiap orang sadar bahwa tidak ada manusia yang lepas dari kesalahan, manusia tempat salah dan khilaf. Jadi halal bihalal merupakan sebuah aktifitas seseorang untuk menyelesaikan masalah dengan saudaranya, meluruskan hubungan yang sempat terputus serta melepaskan ikatan dosa dari saudaranya dengan jalan saling memaafkan.

Jika selama bulan ramadhan seseorang telah berusaha melebur dosa-dosanya kepada Allah, dengan jalan bertobat dan beristighfar serta mengerjakan segala yang diperintahkanNya dan menjauhi dari segala yang dilarangNya, maka setelah ramadhan dosa-dosa sesama manusia juga dapat dihapus dengan cara saling memaafkan. Dan salah satu yang harus dilakukan adalah dengan halal bihalal dan silaturrahim. Semoga dengan demikian orang-orang yang berpuasa di bulan ramadhan kembali kepada fitrahnya bersih  dari segala dosa dan kesalahan baik kepada Allah maupun kepada sesama manusia. Karena itu ucapan Selamat Idul Fitri 1440 H mohon maaf lahir dan batin dengan dilanjutkan dengan do’a taqabbalallahu minna waminkum, selalu menghiasi segala bentuk tulisan baik melalui media sosial maupun bentuk lainnya.

Karena itu dengan halal bihalal dapat diharapkan sebagai pembersih dari segala kesalahan, membersihakan hati dari rasa benci kepada sesama  serta memupuk rasa kepedulian dan kebersamaan.(30 Ramadhan 1440 H. tfk).

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tenggarong

JL. PESUT, KEL.TIMBAU, KEC.TENGGARONG, KAB.KUTAI KARTANEGARA
KALIMANTAN TIMUR

 

Telp: 0541-6667063

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Copyright Tim IT PA. Tenggarong@2018