banner pa tenggarong

on . Hits: 88

MEDIASI BERHASIL DI PENGADILAN AGAMA TENGGARONG

(Yang Retak Dapat Direkatkan Kembali)

 

pic patgr 26022019 1.jpg

 

Tenggarong | www.pa-tenggarong.go.id

Pada hari Selasa tanggal 26 Februari 2019 di Ruang Mediasi Pengadilan Agama Tenggarong telah dilakukan proses Mediasi oleh seorang Mediator yaitu Bapak Drs. H. Taufikurrahman, M.Ag. yang juga sebagai Hakim Pengadilan Agama Tenggarong dalam perkara Cerai Gugat. Dalam proses mediasi tersebut Mediator telah mengupayakan perdamaian semaksimal mungkin dengan cara memberikan Nasehat dan pandangan terkait bagaimana pentingnya menjaga keutuhan dan mempertahankan rumah tangga serta akibat yang timbul jika nantinya terjadi perceraian apalagi jika kedua belah pihak memiliki anak.

Atas nasehat yang diberikan oleh Mediator tersebut, Penggugat tersentuh hatinya kemudian akan kembali berdamai dan akan membina rumah tangganya bersama Tergugat.

Al Qur’an mengumpamakan suami dan istri di rumah tangga bagaikan “pakaian”. Suami adalah pakaian istri dan istri adalah pakaian suami. Kata yang digunakan oleh Al Qur ‘an adalah “libas” sebagaimana dalam surat Al Baqarah ayat 187.

Perumpamaan tersebut sangat menarik, sebab ada pelajaran yang sangat berharga untuk diterapkan dalam rumah tangga. Karena pakaian mempunyai beberapa fungsi, diantaranya sebagai pelindung, penutup aurat, sebagai perhiasan dan sebagai identitas diri.

Itu artinya suami istri saling memerlukan dan membutuhkan, sehingga sudah seharusnya suami istri saling membantu, menjaga, menghormati dan menghargai. Tidak ada yang merasa lebih hebat dan lebih utama. Karena itu bila suami istri melakukan fungsinya masing-masing, maka akan terciptalah rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan rahmah.

Itulah sebagian cuplikan yang disampaikan oleh mediator Pengadilan Agama Tenggarong, Drs. H. Taufikurrahman, M.Ag. dalam proses mediasi terhadap perkara cerai talak yang diperiksa di Pengadilan Agama Tenggarong. Selama tiga kali pertemuan, dari tanggal 12 Februari 2019, tanggal 20 Februari 2019 dan tanggal 26 Februari 2019, akhirnya membuahkan hasil. Pasangan suami istri tersebut sepakat untuk merajut yang berserakan dan berjanji akan menjalankan fungsinya masing-masing, selanjutnya perkaranya dicabut. Alhamdulillah semoga berkah. (Taufikurrahman/Agusriansyah)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tenggarong

JL. PESUT, KEL.TIMBAU, KEC.TENGGARONG, KAB.KUTAI KARTANEGARA
KALIMANTAN TIMUR

 

Telp: 0541-6667063

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Copyright Tim IT PA. Tenggarong@2018