banner pa tenggarong

on . Hits: 74

RUKUN ISLAM YANG SEMPURNA

(Kultum 8 Ramadhan 1440 H)

pic patgr 13052019 2

Tenggarong 13-5-2019 | www.pa-tenggarong.go.id

            Hari ke 8 di bulan suci Ramadhan Pengadilan Agama Tenggarong melaksanakan Kultum setelah sholat dzuhur. Kultum disampaikan oleh Bapak Drs. H. Ahmad Syaukani. Beliau mengingatkan tentang apa yang sudah disampaikan oleh penceramah hari-hari sebelumnya.

            Yang pertama Bapak Guru Arifin. Beliau mengingatkan tentang hadis Nabi Muhammad SAW, Apabila anak cucu Adam mati, maka diputus amal ibadahnya kecuali infaq, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang soleh. Yang lebih difokuskan oleh Beliau kemarin adalah anak yang soleh. Beliau membahas anak yang selalu mendoakan kedua orang tua dan orang-orang yang beriman terdahulu.

            Yang kedua Bapak Guru Ahmad Fanani. Beliau membahas tentang panggilan-panggilan Allah SWT. Seperti saat ini kita yang sedang berpuasa, Allah sudah memanggil kita dengan apa yang Allah sebutkan di dalam Al-Qur’an. Bagi mereka yang merasa beriman, maka ia akan berpuasa. Apabila ia tidak berpuasa ada dua kemungkinan, ia tidak mendengar atau ia merasa tidak terpanggil.

            Selanjutnya oleh Bapak Guru Mursyid. Beliau menceritakan tentang seorang ulama dan temannya. Ia pernah menggali kuburan orang dan mengambil tengkorak kepala mayat itu dan menusuk ke bagian telinganya dengan menggunakan tongkat. Ada yang tembus dari telinga kanan ke telinga kiri, yang menandakan orang tersebut yang ketika datang ke suatu majelis ia mendengarkan namun ketika keluar ia melupakannya. Kemudian ada mayat yang ia tusuk telinganya tapi tidak tembus, yang artinya orang itu sama sekali tidak mendengarkan apa yang ada di majelis. Selanjutnya ada mayat yang ditusuk telinganya namun tidak sampai tembus ke telinga satunya, artinya orang itu yang ketika pergi ke majelis ia mendengarkan dan ketika keluar ia mengingat dan mengamalkan apa yang ia dapat dari sana.

pic patgr 13052019 3

            Bapak Guru Syaukani melanjutkan dengan membahas rukun Islam. Yang pertama adalah syahadat. Yang kedua shalat. Yang ketiga adalah puasa. Yang keempat Zakat. Dan yang kelima adalah Haji. Seperti yang diketahui bahwa rukun Islam ada 5, yang apabila salah satunya tidak terpenuhi misalnya ada orang yang sudah mengucapkan syahadat, melakukan puasa, membayar zakat, dan naik haji tapi orang itu tidak melakukan shalat artinya rukun Islamnya tidak sempurna. Jadi pesan saya, kita harus mencukupkan rukun Islam sebagaimana seperti di dalam rukun nikah jika kita ingin Islam kita itu disahkan oleh Allah SWT.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tenggarong

JL. PESUT, KEL.TIMBAU, KEC.TENGGARONG, KAB.KUTAI KARTANEGARA
KALIMANTAN TIMUR

 

Telp: 0541-6667063

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Copyright Tim IT PA. Tenggarong@2018