banner pa tenggarong

on . Hits: 31

ORANG YANG TIDAK MAU MASUK SURGA

(Kultum 10 Ramadhan 1440 H)

pic patgr 15052019 1

Tenggarong 15-5-2019 | www.pa-tenggarong.go.id

            Hari ke 10 di bulan suci Ramadhan Pengadilan Agama Tenggarong melaksanakan Kultum setelah sholat dzuhur. Kultum disampaikan oleh Bapak Bapak Drs. H. Arifin, S.H., M.H.

            Pada kesempatan kali ini beliau menyampaikan hadis Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW bersabda "Bahwa semua umatku akan masuk surga, kecuali orang yang tidak mau". Sahabat bertanya kepada Rasulullah, "Wahai Rasulullah, siapa yang tidak mau itu?". Kata Rasulullah "Siapa yang tidak menuruti perintahku, itulah orang yang tidak mau masuk surga". Jadi bukan karena Allah kita tidak masuk surga, melainkan kita sendiri yang tidak mau masuk surga.

pic patgr 15052019 2

            Sebenarnya surga terdapat banyak pintu, ada pintu puasa, sholat, dan lain-lain. Jadi orang yang masuk ke surga tidak berdesak-desakan. Sementara neraka yang memiliki 7 tingkat hanya memiliki 1 pintu masuk. Itulah orang yang tidak mau masuk surga tadi.

            Salah satu orang yang mau masuk surga adalah syarat utamanya adalah sholat. Kata Rasulullah amal ibadah yang pertama kali yang diperiksa adalah sholat. Apabila sholatnya bagus maka amal yang lain ikut bagus. Kalau tidak bagus maka akan diperiksa ulang. Maka pada kesempatan itu Allah berfirman kepada malaikat "Wahai malaikat, periksa lagi yang bagus. Apakah ada sholat sunatnya". Jika sholat wajibnya tidak bagus tapi sholatnya sunatnya bagus maka bisa ditutupi kekurangan itu.

pic patgr 15052019 3

            Beliau kemudian menyampaikan hadis Rasullulah yang lain, yang artinya "Setiap orang pasti akan mati". Jangan merasa sehat, segar bugar lalu tidak sholat dan beranggapan nanti saja sholatnya. Banyak orang yang tidak menyangka akan mati. Ada orang yang matinya matanya terbuka, mulutnya menganga karena terkejut. Ada juga orang yang matinya sambil tersenyum, karena dia memang menanti kematian sambil membawa bekal amal. Semoga kita termasuk orang yang ingin masuk surga.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Tenggarong

JL. PESUT, KEL.TIMBAU, KEC.TENGGARONG, KAB.KUTAI KARTANEGARA
KALIMANTAN TIMUR

 

Telp: 0541-6667063

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

maps1 Lokasi Kantor

Copyright Tim IT PA. Tenggarong@2018